Wulanibni91's Blog

Just another WordPress.com weblog

MASA SMA November 19, 2010

Filed under: Uncategorized — wulanibni91 @ 7:35 am

banyak orang yang bilang bahwa masa SMA adalah masa ynag palung indah, ya,,,,bisa dibilang begitu..

banyak kejadian-kejadian lucu, aneh, menarik, menyenangakn bahkan sampai menyedihkan,, terjadi pada masa SMA. walaupun sayang masa-masa tersebut telah berlalu begitu cepat.

awal masuk SMA, masih dibilang alim-alim, gak berani macem-macem, selalu masuk setiap hari, belajar, bercanda dengan teman-teman dan menjadi objek penindasan dari kaka kelas. khususnya dari senior exkul,,, tapi ya,,,apa daya, hanya terpakasa menerima keadaan. sampai-sampai ada teman yang menangis karena gak kuat menerima tingkah laku si senior tadi. begitu juga dengan aku. yah,,,sifat ku bukanlah orang yang penurut dan terima-terima aja di perlakukan seperti itu, sdikit berontak saat pelantikkan malah jadi bulan-bulanan senior, karena gak tahan  akhir kelas satu kabur-kaburan kalo lagidisuruh ngumpul exkul,,

pernah manjat jendela kelas buat keluar dari pintu belakang cuman buat kabur, dan sialnya dibawah ada banyak orang yang sedan main futsal,,, hampir sampai rumah, eh,,,mala ketemu sang senior dan diteriaki karena gak ngumpul mala kabur,,pulang,,, tapi dari semua itu ada hikmahnya juga, seperti harus lebih sabar, hehe,,

pas kelas dua,, masa-masa yang paling bandel, bisa dibilang begitu karena suka mau “cabut”, tapi sebenarnya gak buat apa-apa. karena niatnya mau pulang cepet aja, habisnya buat apa disekolahan kalo gada guru, dan harus nunggu bel pulang yang masih lama, kenapa gak pulang aja, dan biasa melakukan berbagai aktifitas yang lebih menarik selain menunggu bel pulang.

beberapa kali berhasil kabur, dan sampai kerumah dengan selamat, tapi sekali mala ketahuan guru, karena terang-terangan mau pulang lewat depan dan keliatan guru, akhirnya pada kabur balik kekelas, sayangnya,,,salah satu teman mala kabur duluan lari dan dikejar guru,, jadi kayak film india mainkejar-kejaran tapi sama guru dan kalau ketangkep hukuman pun menanti,,,

dan akhirnya teman ku pun berhasil kabur,, lewat pintu belakang, para guru pun akhirnya merazia semua kelas yang ada,, ternyata banyak yang kabur juga,, dan alhasil gara-gara kami, semua kelas jadi kena dan yang pada udah bolos ketahuan,,, karena diabsen ulang, sungguh sangat memalukan. kami pun khawatir dengan keadaan teman kami yang sudah ada diluar,, setelah bel pulang kami langsung buru-buru keluar dan bertemu dengan teman kami yang ternyata masih didepan menunggu dan bingung karena melakukan sesuatu yang sedikit menyeramkan karena resiko yang besar.

semua itu pengalaman-pengalaman yang bandel-bandelnya, tapi semua itukan harus seimbang, jadi gak seru dong kalo gada yang baik-baiknya, yang baik-baiknya, tapi kalo baik-baiknya diceritain nanti jadi keliatan sombong dan menyebabkan iri dan dengki jadi gak usah diceritain aja,,, hehe,,

teman atau sahabat menjadi seseorang yang berarti tentunya saat masa-masa ini, tempat kita curhat, berbagi semuanya baik sengan, sedih, susah,, semuanya,,, dan juga tempat numpang makan dan minum,,

apa lagi pas kelas 3 mau ujian, tugas banyak yang dikerjakan secara kelompok, mau ga mau ya harus kerumah temen buat ngerjain tugas bareng-bareng,, walau kebanyakan ngemil dan bercandanya, tapi ya semuanya dibawa asik aja,,alhasil,,tugas lama selesainya,, tapi duit habis buat beli cemilan ini itu,,

yah,,masih banyak lagi kejadian-kejadian di SMA, yang gak bisa diceritain satu persatu,,

dan kenangan itu akan selalu dikenang sampai tua nanti,,,

menjadi kenangan lucu, menyedihkan, dan kalo diinget-inget bisa senyum-senum sendiri seperti orang gila,,,

 

BENCANA ALAM

Filed under: Uncategorized — wulanibni91 @ 3:49 am

Saat ini banyak sekali musibah yang terjadi, mungkin bumi yang sudah tua dan manusia yang nakal tidak menjaga bumi dengan baik. lalu sekarang apa yang harus kita lakukan untuk menjaga bumi kita? banyak hal yang dapat kita lakukan untuk menjaga bumi ini, seperti dengan cara :

Pelestarian tanah (tanah datar, lahan miring/perbukitan)

Terjadinya bencana tanah longsor dan banjir menunjukkan peristiwa yang berkaitan dengan masalah tanah. Banjir telah menyebabkan pengikisan lapisan tanah oleh aliran air yang disebut erosi yang berdampak pada hilangnya kesuburan tanah serta terkikisnya lapisan tanah dari permukaan bumi. Tanah longsor disebabkan karena tak ada lagi unsur yang menahan lapisan tanah pada tempatnya sehingga menimbulkan kerusakan. Jika hal tersebut dibiarkan terus berlangsung, maka bukan mustahil jika lingkungan berubah menjadi padang tandus. Upaya pelestarian tanah dapat dilakukan dengan cara menggalakkan kegiatan menanam pohon atau penghijauan kembali (reboisasi) terhadap tanah yang semula gundul. Untuk daerah perbukitan atau pegunungan yang posisi tanahnya miring perlu dibangun terasering atau sengkedan, sehingga mampu menghambat laju aliran air hujan.

 

Pelestarian udara

Udara merupakan unsur vital bagi kehidupan, karena setiap organisme bernapas memerlukan udara. Kalian mengetahui bahwa dalam udara terkandung beranekaragam gas, salah satunya oksigen. Udara yang kotor karena debu atau pun asap sisa pembakaran menyebabkan kadar oksigen berkurang. Keadaan ini sangat membahayakan bagi kelangsungan hidup setiap organisme. Maka perlu diupayakan kiat-kiat untuk menjaga kesegaran udara lingkungan agar tetap bersih, segar, dan sehat. Upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga agar udara tetap bersih dan sehat antara lain:

  1. Menggalakkan penanaman pohon atau pun tanaman hias di sekitar kita. Tanaman dapat menyerap gas-gas yang membahayakan bagi manusia. Tanaman mampu memproduksi oksigen melalui proses fotosintesis. Rusaknya hutan menyebabkan jutaan tanaman lenyap sehingga produksi oksigen bagi atmosfer jauh berkurang, di samping itu tumbuhan juga mengeluarkan uap air, sehingga kelembapan udara akan tetap terjaga.
  2. Mengupayakan pengurangan emisi atau pembuangan gas sisa pembakaran, baik pembakaran hutan maupun pembakaran mesin. Asap yang keluar dari knalpot kendaraan dan cerobong asap merupakan penyumbang terbesar kotornya udara di perkotaan dan kawasan industri. Salah satu upaya pengurangan emisi gas berbahaya ke udara adalah dengan menggunakan bahan industri yang aman bagi lingkungan, serta pemasangan filter pada cerobong asap pabrik.
  3. Mengurangi atau bahkan menghindari pemakaian gas kimia yang dapat merusak lapisan ozon di atmosfer. Gas freon yang digunakan untuk pendingin pada AC maupun kulkas serta dipergunakan di berbagai produk kosmetika, adalah gas yang dapat bersenyawa dengan gas ozon, sehingga mengakibatkan lapisan ozon menyusut. Lapisan ozon adalah lapisan di atmosfer yang berperan sebagai filter bagi bumi, karena mampu memantulkan kembali sinar ultraviolet ke luar angkasa yang dipancarkan oleh matahari. Sinar ultraviolet yang berlebihan akan merusakkan jaringan kulit dan menyebabkan meningkatnya suhu udara. Pemanasan global terjadi di antaranya karena makin menipisnya lapisan ozon di atmosfer.

 

Pelestarian hutan

Eksploitasi hutan yang terus menerus berlangsung sejak dahulu hingga kini tanpa diimbangi dengan penanaman kembali,  menyebabkan kawasan hutan menjadi rusak. Pembalakan liar yang dilakukan manusia merupakan salah satu penyebab utama terjadinya kerusakan hutan. Padahal hutan merupakan penopang kelestarian kehidupan di bumi, sebab hutan bukan hanya menyediakan bahan pangan maupun bahan produksi, melainkan juga penghasil oksigen, penahan lapisan tanah, dan menyimpan cadangan air.

Upaya yang dapat dilakukan untuk melestarikan hutan:

  1. Reboisasi atau penanaman kembali hutan yang gundul.
  2. Melarang pembabatan hutan secara sewenang-wenang.
  3. Menerapkan sistem tebang pilih dalam menebang pohon.
  4. Menerapkan sistem tebang–tanam dalam kegiatan penebangan hutan.
  5. Menerapkan sanksi yang berat bagi mereka yang melanggar ketentuan mengenai pengelolaan hutan.

 

Pelestarian laut dan pantai

Seperti halnya hutan, laut juga sebagai sumber daya alam potensial. Kerusakan biota laut dan pantai banyak disebabkan karena ulah manusia. Pengambilan pasir pantai, karang di laut, pengrusakan hutan bakau, merupakan kegatan-kegiatan manusia yang mengancam kelestarian laut dan pantai. Terjadinya abrasi yang mengancam kelestarian pantai disebabkan telah hilangnya hutan bakau di sekitar pantai yang merupakan pelindung alami terhadap gempuran ombak.

Adapun upaya untuk melestarikan laut dan pantai dapat dilakukan dengan cara:

  1. Melakukan reklamasi pantai dengan menanam kembali tanaman bakau di areal sekitar pantai.
  2. Melarang pengambilan batu karang yang ada di sekitar pantai maupun di dasar laut, karena karang merupakan habitat ikan dan tanaman laut.
  3. Melarang pemakaian bahan peledak dan bahan kimia lainnya dalam mencari ikan.
  4. Melarang pemakaian pukat harimau untuk mencari ikan.

 

Pelestarian flora dan fauna

Kehidupan di bumi merupakan sistem ketergantungan antara manusia, hewan, tumbuhan, dan alam sekitarnya. Terputusnya salah satu mata rantai dari sistem tersebut akan mengakibatkan gangguan dalam kehidupan.

Oleh karena itu, kelestarian flora dan fauna merupakan hal yang mutlak diperhatikan demi kelangsungan hidup manusia. Upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga kelestarian flora dan fauna di antaranya adalah:

  1. Mendirikan cagar alam dan suaka margasatwa.
  2. Melarang kegiatan perburuan liar.
  3. Menggalakkan kegiatan penghijauan.

 

dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa banyak yang dapat kita lakukan untuk menjaga bumi ini, namun banyak sekali orang yang hanya sekedar berbicara namun tidak melakukan apapun, mungkin juga termasuk saya sendiri. hehe,,

lalu apa yang telah dilakukan dunia untuk bumi ini ????

a) Meningkatkan pemanfaatan sumber-sumber energi yang tidak akan-akan habis-habis sebagai pengganti minyak bumi atau batu bara, misalnya penggunaan energi sinar matahari, angin, geothermal, tenaga air, pasang air laut, dan sebagainya.
b) Melakukan daur ulang (recylcling), sehingga pengambilan sumber daya alam dapat diperkecil, misalnya daur ulang terhadap barang-barang bekas, seperti besi, alumunium, kertas, plastik, dan lain-lain.
c) Melakukan pengawetan terhadap sumber daya alam berupa kayu. Sebelum digunakan hendaknya diwajibkan untuk diawetkan terlebih dahulu agar daya tahan penggunaan kayu untuk bahan bangunan dapat di hemat karena kayu yang digunakan telah dapat dipakai dipakai dalam jangka waktu yang lebih lama.

1) Pengolahan air limbah dan penretiban pembuangan sampah
Setiap pabrik harus mengolah air limbahnya sebelum dibuang karena limbah pabrik biasanya mengandung zat-zat kimia.
Kebiasaan masayarakat membuang sampah disaluran air, sungai, atau selokan adalah kebiasaan yang harus dirubah. Hal itu perlu dicegah sedini mungkin untuk menghindari terjadinya pencemaran air.

2) Program kali bersih (prokasih)
Program kali bersih mempunyai tujuan utama untuk menurunkan atau mengurangi beban pencemaran perairan sungai, khususnya limbah industri yang banyak mengandung zat-zat kimia beracun.

3) Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS)
Pengelolaan DAS menekankan usaha konservasi pertanian lahan kering, peningkatan pendapatan masyarakat melalui peningkatan lahan kering, peningkatan diluar sector pertanian, perlindungan daerah nonbudi daya, pengembangan irigasi, dan pengendalian bahaya banjir.

4) Pengelolaan lautan dan daerah pesisir.
Usaha mengelola lautan dan daerah peisir hendaknya memperhatikan kebijaksanaan sebagai berikut.
1. Pengelolaan dan pemeliharaan lingkungan laut serta pengaturan antar sector perlu dikembangkan secara koordinatif.

2. Sumber daya alam yang dapat diperbarui hendaknya digunakan secara hati-hati dengan tetap memperhatikan kepentingan generasi mendatang. Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui hendaknya digunakan secara rasional.

3. kawasan lindung, kawasan penyangga dan kawasan sumber budi daya sumber alam harus dijaga dan dikendalikan keberadaannya.

5) Pengembangan keanekaragaman hayati
Pengembangan keanekaragaman hayati mencakup usaha pelestarian flora dan fauna langka.

6) Reklamasi dan rehabilitasi lahan kritis
Reklamasi lahan biasanya dilakukan untuk lahan bekas pertambangan. Rehabilitasi mencakup pengerjaan reboisasi, pembuatan sengkedan dan pengendalian peladang berpindah.

semua itu dapat berhasil jika semua manusia dimuka bumi ini melakukan pelestarian itu.
maka bisa dijamin bumi akan berbaik hati juga kepada kita.

lalu apa akibat yang timbul dari bumi yang tidak kita jaga??? dan bencana alam seperti apa yang telah terjadi dimuka bumi ini?

tentunya banyak sekali yang akan terjadi, seperti :

BANJIR

kalau sudah musim hujan, pasti akan waspada dengan datangnya banjir, banjir sendiridapat digolongkan menjadi 3, yaitu:

  • Banjir Sungai
Terjadi karena air sungai meluap.
  • Banjir Danau
Terjadi karena air danau meluap atau bendungan nya jebol.
  • Banjir Laut pasang
Terjadi antara lain akibat adanya badai dan gempa bumi.

PENYEBAB TERJADINYA BANJIR

Secara umum, penyebab terjadinya banjir adalah sebagai berikut.

  • penebangan hutan secara liar tanpa disertai reboisasi ,
  • pendangkalan sungai
  • Pembuangan sampah yang sembarangan, baik ke aliran sungai mapupun gotong royong,
  • Pembuatan saluran air yang tidak memenuhi syarat,
  • Pembuatan tanggul yang kurang baik,
  • air laut, sungai, atau danau yang meluap dan menggenangi daratan.

Dampak Dari Banjir

Banjir dapat menimbulkan kerusakan lingkungan hidup berupa:[1]

  1. Rusaknya areal pemukiman penduduk,
  2. Sulitnya mendapatkan air bersih,  dan
  3. Rusaknya sarana dan prasarana penduduk.
  4. Rusaknya areal pertanian
  5. Timbulnya penyakit-penyakit
  6. Menghambat transportasi darat.

 

GEMPA BUMI

Gempa bumi adalah getaran atau guncangan yang terjadi di permukaan bumi. Gempa bumi biasa disebabkan oleh pergerakan kerak bumi (lempeng bumi). Kata gempa bumi juga digunakan untuk menunjukkan daerah asal terjadinya kejadian gempa bumi tersebut. Bumi kita walaupun padat, selalu bergerak, dan gempa bumi terjadi apabila tekanan yang terjadi karena pergerakan itu sudah terlalu besar untuk dapat ditahan.

GEMPA BUMI ADA BEBERAPA TIPE, YAITU:

  1. gempa bumi vulkanik ( Gunung Api ) ; Gempa bumi ini terjadi akibat adanya aktivitas magma, yang biasa terjadi sebelum gunung api meletus. Apabila keaktifannya semakin tinggi maka akan menyebabkan timbulnya ledakan yang juga akan menimbulkan terjadinya gempabumi. Gempa bumi tersebut hanya terasa di sekitar gunung api tersebut.
  2. gempa bumi tektonik, Gempa bumi ini disebabkan oleh adanya aktivitas tektonik, yaitu pergeseran lempeng lempeng tektonik secara mendadak yang mempunyai kekuatan dari yang sangat kecil hingga yang sangat besar. Gempabumi ini banyak menimbulkan kerusakan atau bencana alam di bumi, getaran gempa bumi yang kuat mampu menjalar keseluruh bagian bumi. Gempa bumi tektonik disebabkan oleh perlepasan [tenaga] yang terjadi karena pergeseran lempengan plat tektonik seperti layaknya gelang karet ditarik dan dilepaskan dengan tiba-tiba. Tenaga yang dihasilkan oleh tekanan antara batuan dikenal sebagai kecacatan tektonik. Teori dari tectonic plate (lempeng tektonik) menjelaskan bahwa bumi terdiri dari beberapa lapisan batuan, sebagian besar area dari lapisan kerak itu akan hanyut dan mengapung di lapisan seperti salju. Lapisan tersebut begerak perlahan sehingga berpecah-pecah dan bertabrakan satu sama lainnya. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya gempa tektonik.

.Peta penyebarannya mengikuti pola dan aturan yang khusus dan menyempit, yakni mengikuti pola-pola pertemuan lempeng-lempeng tektonik yang menyusun kerak bumi. Dalam ilmu kebumian (geologi), kerangka teoretis tektonik lempeng merupakan postulat untuk menjelaskan fenomena gempa bumi tektonik yang melanda hampir seluruh kawasan, yang berdekatan dengan batas pertemuan lempeng tektonik.

  1. gempa bumi tumbukan, Gempa bumi ini diakibatkan oleh tumbukan meteor atau asteroid yang jatuh ke bumi, jenis gempa bumi ini jarang terjadi
  2. gempa bumi runtuhan, Gempa bumi ini biasanya terjadi pada daerah kapur ataupun pada daerah pertambangan, gempabumi ini jarang terjadi dan bersifat lokal.
  3. gempa bumi buatan, Gempa bumi buatan adalah gempa bumi yang disebabkan oleh aktivitas dari manusia, seperti peledakan dinamit, nuklir atau palu yang dipukulkan ke permukaan bumi.

 

GUNUNG MELETUS

Gunung berapi terdapat dalam beberapa bentuk sepanjang masa hidupnya. Gunung berapi yang aktif mungkin berubah menjadi separuh aktif, istirahat, sebelum akhirnya menjadi tidak aktif atau mati. Bagaimanapun gunung berapi mampu istirahat dalam waktu 610 tahun sebelum berubah menjadi aktif kembali. Oleh itu, sulit untuk menentukan keadaan sebenarnya daripada suatu gunung berapi itu, apakah gunung berapi itu berada dalam keadaan istirahat atau telah mati.

Apabila gunung berapi meletus, magma yang terkandung di dalam kamar magmar di bawah gunung berapi meletus keluar sebagai lahar atau lava. Selain daripada aliran lava, kehancuran oleh gunung berapi disebabkan melalui berbagai cara seperti berikut:

  • Aliran lava.
  • Letusan gunung berapi.
  • Aliran lumpur.
  • abu.
  • Kebakaran hutan.
  • Gas beracun.
  • Gelombang tsunami.
  • gempa bumi.

 

TSUNAMI

Tsunami (bahasa jepang: 津波; tsu = pelabuhan, nami = gelombang , secara harafiah berarti “ombak besar di pelabuhan”) adalah perpindahan badan air yang disebabkan oleh perubahan permukaan laut secara vertikal dengan tiba-tiba. Perubahan permukaan laut tersebut bisa disebabkan oleh gempa bumi yang berpusat di bawah laut, letusan gunung berapi bawah laut, longsor bawah laut, atau atau hantaman meteor di laut. gelombang tsunami dapat merambat ke segala arah. Tenaga yang dikandung dalam gelombang tsunami adalah tetap terhadap fungsi ketinggian dan kelajuannya. Di laut dalam, gelombang tsunami dapat merambat dengan kecepatan 500-1000 km per jam. Setara dengan kecepatan pesawat terbang. Ketinggian gelombang di laut dalam hanya sekitar 1 meter. Dengan demikian, laju gelombang tidak terasa oleh kapal yang sedang berada di tengah laut. Ketika mendekati pantai, kecepatan gelombang tsunami menurun hingga sekitar 30 km per jam, namun ketinggiannya sudah meningkat hingga mencapai puluhan meter. Hantaman gelombang Tsunami bisa masuk hingga puluhan kilometer dari bibir pantai. Kerusakan dan korban jiwa yang terjadi karena Tsunami bisa diakibatkan karena hantaman air maupun material yang terbawa oleh aliran gelombang tsunami.

 

 

 

sumber :

http://aliasabena.wordpress.com/2010/03/30/9-bencana-alam-terbesar-di-dunia/

http://fixguy.wordpress.com/usaha-yang-perlu-dilakukan-untuk-menjaga-kelestarian-alam/

http://meetabied.wordpress.com/2010/01/02/upaya-pelestarian-lingkungan-hidup-dalam-pembangunan-berkelanjutan/

http://id.wikipedia.org

 

Cita-cita

Filed under: Uncategorized — wulanibni91 @ 3:31 am

kalau berbicara tentang cita-cita,,, mungkin yang terlintas adalah cita-cita saat kita masih kecil, cita-cita waktu kecil yang mungkin sampai sekarang masih diinginkan atau sudah berubah.

kalau sekarang dengan umur yang sudah 19 tahun apa masih bisa menggapai cita-cita waktu kecil???

pasti masih bisa, karena kalau kita berusaha pasti bisa mendapatkan apa yang kita inginkan. tapi kalo bukan takdirnya disana ya,,,,jangan membuat kita jadi tidak bersemangat atau mala kecewa dengan diri sendiri.

dulu waktu kecil seperti anak-anak kebanyakan cita-cita ku menjadi seorang dokter, yahh,,,cita-cita yang terlihat sederhana dulu. tapi saat SMA, sedikit ada keraguan tapi karena adanya dukungan dari orang tua, aku berusaha untuk menggapai cita-cita ku itu, apa lagi papa yang ingin sekali aku menjadi seorang dokter, membuat ku tambah semangat belajar agar bisa masuk ke perguruan tinggi negri dan masuk ke fakultas kedokteran.

namun sudah 2 kali mengikuti tes, masih tidak mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan kuliah di sana. kecewa??

yah,,,pasti sangat kecewa, tapi aku mencoba untuk menerima semuanya dengan ikhlas. pada akhirnya papa meminta ku untuk masuk jurusan IT, tadinya sedikit ragu, tapi karena permintaan orang tua, aku mencoba untuk melakukan yang terbaik yang bisa aku lakukan.

walaupun menjadi seorang dokter telah menjadi cita-cita masa kecil yang telah berlalu. tapi masa depan masih didepan mata yang dapat kita capai.  untuk saaat ini cita-cita ku hanya ingin menjadi orang yang berhasil dimasa depan, tidak ingin mengecewakan orang tua lagi karena pernah gagal menjadi seorang dokter. untuk yang kedua kalinya.

untuk saat ini yang harus dilakukan adalah belajar yang baik sehinnga menjadi bekal untuk masa depan yang lebih baik lagi.

berusaha dari sekarang lebih baik dari pada mratapi kegagalan dan tidak berusaah menjadi lebih baik lagi sehingga tidak ada kegagalan berikutnya yang akan terjadi lagi.

semangat melakukan yang terbaik untuk diri sendiri dan masa depan yang lebih baik juga  berdoa kepada Allah menjadi kunci kesuksesan dimasa yang akan datang.

kalau ditanya apa cita-cita ku sekarang????

jawabannya hanya singkat, menjadi orang sukses yang bisa membahagiakan orang-orang yang dicintai dan diri sendiri tentunya.

intinya HARUS SEMANGAT!!!!!!1

 

Dari Bukit sampai ke Pantai

Filed under: Uncategorized — wulanibni91 @ 2:34 am

Pengalaman ini terjadi pada tahun 2007, liburan yang cukup menyenangkan karena diisi dengan pengalaman baru, salah satunya yang paling menyenangkan adalah pengelaman berjalan kaki dari rumah nenek ke pantai air manis di Padang, Sumbar.

Berangkat jam 6 pagi dari rumah nenek. setelah berjalan cukup jauh, perjalanan harus dilanjutkan dengan menggunakan perahu kecil karena harus menyeberangi sungai terlebih dahulu. di perahu tersebut tidaklah lama, hanya sekitar 5-10 menit karena lebar sungai yang tidak begitu lebar. namun cukup menegangkan karena dengan perahu yang kecil di naiki oleh beberapa orang, dan perahu yang bergoyang-goyang karena tidak stabil membuatku cukup takut.

setelah sapai diseberang sungai. kami harus berjalan kaki cukup jauh hingga sampai pada sebuah kaki bukit, ku kira hampir sampai, ternyata setengah perjalanan pun belum. maka perjalanan dilanjutkan tadinya mau melewati jalan yang sudah diaspal, ternyata salah jalan, jadinya harus melewati jalanan yang masih banyak pohon besar, semak belukar dan hutan rimba,,,

Hingga kami bertemu dengan rumah penduduk sekitar, orang tersebutpun menunjukkan jalan kearah tujuan. yang tadinya udah senang mendapatkan jalan yang dikira jalan yang benar, ternyata jalannya malah main jauh dari yang diinginkan. akhirnya kami berjalan dengan menerka-nerka arah tujuan. kami sudah kebingungan hingga kami mendengar suara ombak pantai. kami terus berjalan dan akhirnya suara ombak itu semkin terdengar jelas, dan kami pun telah dapat melihat pantai didepan, namun kami tidak dapat langsung kesana karena didepan kami terdapat jurang. kami harus memutar terlebih dahulu. kami sudah sangat lelah tapi lelahnya kami telah terbayar karena hamparan pasir pantai dan deburan ombak. beruntung saat itu laut sedang surut sehingga kami bisa menyeberang ke pulau dengan berjalan kaki. dipanta terdapat banyak karang yang kami bisa liat karena air laut yang surut. beraneneka binatang laut kami dapat liat ddengan jelas. bentuknya aneh-aneh dan membuat geli. dipulau kecil tersebut kami membeli es kelapa muda yang sangat segar, karena cuaca yang panas. sungguh nikmat saat itu. dengan pemandangan yang indah sekali.

setelah beberapa jam bermain dipantai dan menikmati pemandangan yang jarang kami temui dikota-kota besar, kami berniat untuk pulang. akhirnya kami pun pulang menggunakan angkutan umum. ternyata menggunakan angkutan umum lebih cepat sampai. hanya membutuh kan waktu 40 menit. sedangkan dengan berjalan kaki membutuhkan waktu yang cukup lama. tapi tidak adapenyesalan, karena semuanya terbayar dengan pengalaman yang sanagat mengasikkan dan tidak pernah terlupakan.

 

Manusia dan Harapan Mei 30, 2010

Filed under: IBD — wulanibni91 @ 5:25 am
  1. Pengertian harapan

Setiap manusia mempunyai harapan. Manusia yang tanpa harapan berarti manusia itu mati dalam hidup.orang yang akan meninggal sekalipun memiliki harapan. Harapan tersebut tergantung pada pengetahuan, pengalaman, lingkungan hidup dan kemampuan masing-masing.

Berhasil atau tidaknya suatu harapan tergantung pada usaha orang yang mempunyai harapan. Harapan harus berdasarkan kepercayaan, baik kepercayaan pada iri sendiri, maupun kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Agar harapan terwujus maka perlu usaha dengan sungguh-sungguh. Manusia wajib berdoa, karena usaha dan doa merupakan sarana terkabulnya harapan.

Antara harapan dan cita-cita memiliki kesamaan, yaitu :

  1. Keduanya menyangkut masa depan karena belum terwujud.
  2. Pada umumnya dengan cita-cita maiupun harapan orang menginginkan hal yang lebih baik atau meningkat.
  3. Apa sebabnya manusia memiliki harapan

Menurut kodratnya manusia merupakan makhlik social. Ketika lahir ke dunia langsung disambut dengan pergaulan. Ada dua hal yang mendorong orang bergaul dengan manusia lain, yakni :

  1. Dorongan kodrat

Kodrat ialah sifat, keadaan atau pembawaan alamiah yang sudah terjelma dalam diri manusiasejak manusia itu diciptakan oleh Tuhan. Dorongan kodrat menyebabkan manusia memiliki keinginan atau harapan. Kodrat juga terdapat pada binatang dan tumbuh-tumbuhan, karena binatang dan tumbuh-tumbuhan perlu makan, berkemb ang biak dan mati.

Dalam diri manusia masing-masing sudah terjelma sifat, kodrat pembawaan dan kemampuan untuk hidup bergaul, hidup bermasyarakat atau hidup bersama dengan manusia lain. Dengan kodrat ini maka manusia memiliki harapan.

  1. Dorongan kebutuhan hidup

Sudah kodrat pula bahwa manusia mempunyai bermacam-macam kebutuhan hidup. Kebutuhan hidup itu pada garis besarnya dapat dibedakan atas : kebutuhan jasmani dan kebutuhan rohani.

Dengan adanya dorongan kodrat dan dorongan kebutuhan hidup itu maka manusia mempunyai harapan. Pada hakekatnya, harapan itu adalah keinginan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Menurut Abraham Maslow sesuai dengan kodratnya harapan manusia atau kebutuhan manusia itu ialah :

  1. Kelangsungan hidup (survival)
  2. Keamanan(safety)
  3. Hak dan kewajiban mencintai dan dicintai (be loving and love)
  4. Diakui lingkungan ( status )
  5. Perwujudan cita-cita (self actualization)
  6. Kepercayaan

Keprcayaan berasala dari kata percaya, artinya mengakui atau meyakini kan kebenaran. Kepercayaan adalah hal-hal yang berhubungan dengan pengakuan atau keyakinan akan kebenaran.

Ada jenis pengetahuan yang dimiliki seseorang, bukan karena merupakan hasil penyelidikan sendiri, melainkan diterima dari orang lain. Kebenaran pengetahuan yang didasarkan atas orang lain itu, disebabkan karena orang lain itu dapat dipercaya. Yang diselidiki bukan lagi masalahnya, melainkan orang yang meberi tahukan itu dapat dipercaya atau tidak. Dalam hal beragama, tiap-tiap orang wajib menerima dan menghormati kepercayaan orang yang beragama itu. Dasarnya ialah keyakinan masing-masing.

Kebenaran

kebenaran atau benar amat penting bagi manusia. Setiap orang mendambakannya karena ia mempunyai arti khusus bagi hidupnya. Kebenaran atau benar merupakan kunci kebahagian manusia. Itu lah sebabnya manusia selalu berusaha, mencari, mempertahankan, memperjuangkan kebenaran.

Dalam berbagai jenis kebenaran tersebut yang selalu diusahakan dan dijaga ialah kebenaran dalam bertindak, berbuat, berucap, berupaya, dan berpendapat. Sebab ketidak benaran alam hal-hal itu akan langsung mencemarkan atau menjatuhkan nama baiknya, sehingga orang tidak mempercayainya lagi.

  1. Berbagai kepercayaan dan usaha meningkatkannya

Dapat dipercayakan adalah kebenaran. Sumber kebenaran adalah manusia. Kepercayaan itu dapat dibedakan atas :

  1. Kepercayaan pada diri sendiri

Kepercayaan kepada diri sendiri itu ditanamkan setiap pribadi manusia. Percaya pada diri sendiri pada hakekatnya percaya pada Tuhan YME. Percaya pada diri sendiri menganggap dirinya tidak salah, dirinya menang, dirinya mampu mengerjakan yang diserahkan atau dipercayaakan kepadanya.

  1. Kepercayaan kepada orang lain

Percaya kepada orang lain itu dapat berupa, percaya kepada sauodara orang tua , guru atau siapa saja. Kepercayaa kepada orang lain itu sudah tentu. Percaya tehadap kata hatinya, perbuatan yang sesuai dengan kata hati atau terhadap kebenarannya.

  1. Kepercayaan kepada pemerintah

Berdasarkan pandangan teokratis menurut etika, filsafat tingkah laku karya Prof.Ir.Poedjawiyatna, Negara itu berasal dari Tuhan. Tuhan langsung memerintah dan memimpin bangsa manusia / setidaknya Tuhan lah yang memeiliki kedaulatan sejati. Karena semua ciptaan Tuhan

  1. Kepercayaan kepada Tuhan

Kepercayaan kepada Tuhan yang maha kuasa itu amat penting, karena keberadaan manusia itu bukan karena sendirinya tetapi diciptakan oleeh Tuhan. kepercayaan berarti keyakinan dan pengakuan akan kebenaran. Kepercayaan itu amat penting, karena merupakan tali kuat yang dapat menghubungkan rasa manusia dengan Tuhan.

Berbagai usaha dilakukan manusia untuk meningkatkan rasa percaya kepada Tuhannya. Usaha itu bergantung pada pribadi kondisi, siyuasi dan lingkungan. Usaha itu antara lain :

  1. Meningkatkan ketakwaan kita dengan jalan meningkatkan ibadah
  2. Meningkatkan pengabdian kita kepada masyarakat
  3. Meningkatkan kecintaan kita kepada sesame manusia dengan jalan suka menolong, dermawan dsb
  4. Mengurangi nafsu mengumpulkan harta yang berlebihan
  5. Menekan perasaan negative seperti iri dengki, fitnah dsb.
 

MANUSIA DAN PANDANGAN HIDUP

Filed under: IBD — wulanibni91 @ 5:19 am
  1. Pengertian pandangan hidup

Setiap manusia mempunyai pandangan hidup. Pandangan hidup bersifat kodrati. Karena itu ia menentukan masa depan seseorang. Pandangan hidup adalah pendapat / pertimbangan yang dijadikan pertimbangan yang dijadikan pegangan , pedoman, arahan, petunjuk hidup didunia.

Pandangan hidup banyak sekali macamnya dan ragamnya. Akan tetapi pandangan hidup dapat dikalsifikasikan berdasarkan asalanya yaitu terdiri dari 3 macam :

  1. Pandangan hidup yang berasal dari agama yaitu pandangan hidup yang mutlak kebenarannya.
  2. Pandangan hidup yang berupa ideology yang disesuaikan dengan kebudayaan dan norma yang terdapat pada Negara terebut.
  3. Pandangan hidup hasil renungan yaitu pandangan hidup yang relative kebenarannya.

Pandangan hidup pada dasarnya mempunyai unsure-unsur yaitu cita-cita , kebajikan, usaha, keyakinan/kepercayaan. Kekempat unsure ini merupakan satu rangkaian kesatuan yang tidak terpisahkan.

  1. Cita – cita

Menurut kamus umum Bahsa Indonesia, yang disebut cita-cita adalah keinginan harapan, tujuan yang selalu ada dalam pikiran. Baik keinginan, harapan maupun tujuan merupakan pandanagn masa depan, merupakan pandangan hidup yang akan dating. Dapatkah seseorang mencapai apa yang dicita-cita kan nya, hal itu tergantung dari tiga factor. Pertama, manusianya yaitu yang memiliki cita-citanya; kedua kondisi yang dihadapi sselama mencapai apa yang dicita-cita kan; dan yang ketiga, seberapa tingginya cita-cita yang ingin dicapai.

  1. Kebajikan

Kebajikan atau kebaikan atau perbuatan yang mendatangkan kebaikan pada hakekatnya sama denagn perbuatan moral, perbuatan yang sesuai dengan norma – norma agama dan etika.

Sebagai makhluk pribadi, manusia dapat menentukan sendiri apa yang baik dan apa yang buruk. Baik buruk itu ditentukan oleh suara hati. Suara hati adalah semacam bisikan didalam hati yang mendesak seseorang, untuk menimbang dan menentukan baik buruknya suatu perbuatan, tindakan atau tingkah laku. Jadi suara hati dapat merupakan hakim untuk diri sendiri. Sebab itu, nilai suara hati sangat besar dan penting dalam hidup manusia.

Factor – factor yang menentukan tingkah laku manusia ada tiga hal. Pertama factor pembawaan (heriditas) yang telah ditentukan pada waktu seseorang masih dalam kandungan. Pembawaan merupakan hal yang diturunkan atau dipusakai oleh orang tua. Factor kedua yang mempengariuhi tingkah laku manusia adalah linkungan (environtment). Lingkungan yang membentuk seseorang merupakan alam kedua yang terjadinya setelah seorang anak lahir. Factor ketiga adalah pengalaman yang khas yang pernah diperoleh. Baik pengalaman pahit yang sifatnya negative dan pengalaman manis yang bersifat positif.

  1. Usaha / perjuangan

Usaha / perjuangan merupakan kerja keras untuk mewujudakan cita-cita. Setiap manusia harus kerja keras untuk kelanjutan hidupnya. Sebagian hidup manusia adalah usaha/perjuangan. Perjuangan untuk hidup, dan ini sudah kodrat manusia. Tanpa perjuangan dan kerja keras manusia tidak dapat hidup sempurna. Apabila manusia bercita-cita menjadi kaya, ia harus bekerja keras.

Kerja keras itu dapat dilakukan dengan otak/ilmu maupun dengan tenaga/jasmani atau dengan kedua-duanya. Kerja keras pada dasarnya menghargai dan meningkatkan harkat dan martabat manusia. Sebaliknya pemalas membuat manusia itu miskin, melarat dan berarti menjatuhkan harkat dan martabatnya sendiri.

  1. Keyakinan / kepercayaan

Keyakinan/kepercayaan yang menjadi dasar paandangan hidup berasal dari akal atau kekuasaan

  1. Aliran naturalism

Hidup manusia itu dihubungkan dengan aliran gaib yang merupakan kekuatan tertinggi. Kekuatan gaib itu dari  natur, dan itu dari Tuhan. Tetapi bagi yang tidak percaya pada Tuhan, natur itulah yang tertinggi. Aliran naturalism berintikan spekulasi, mungkin ada Tuhan mungkin juga tidak ada Tuhan. Dan yang benar adalah keyakinan.

  1. Aliran intelektualisme

Dalam alirn ini adalah logika/akal. Manusia mengtamakan akal. Dengan akal manusia berfikir. Mana yang benar menurut akal itulah yang baik, walaupun bertentangan dengan kekuatan hati nurani. Manusia yakin bahwa dengan kekuatan akal kebajikan itu dapat dicapai dengan sukses.

  1. aliran gabungan

dasar aliran ini adalah kekuatan gaib dan juga akal. Kekutan gaib arting kekuatan ynag berasal dari Tuhan, percaya adanya Tuhan sebagai dasar keyakinan. Sedangkal akal adalah dasar kebudayaan, yang menentukan benar tidaknya sesuatu. Jadi apa yang benar menurut logika berfikir juga dapat diterima aleh hati nurani.

 

KERTAS April 18, 2010

Filed under: Uncategorized — wulanibni91 @ 7:19 am

SEJARAH KERTAS

Peradaban Mesir Kuno menyumbangkan papirus sebagai media tulis menulis. Penggunaan papirus sebagai media tulis menulis ini digunakan pada peradaban Mesir Kuno pada masa wangsa firaun kemudian menyebar ke seluruh Timur Tengah sampai Romawi di Laut Tengah dan menyebar ke seantero Eropa, meskipun penggunaan papirus masih dirasakan sangat mahal. Dari kata papirus (papyrus) itulah dikenal sebagai paper dalam bahasa Inggris, papier dalam bahasa Belanda, bahasa Jerman, bahasa Perancis misalnya atau papel dalam bahasa Spanyol yang berarti kertas.
Tercatat dalam sejarah adalah peradaban China yang menyumbangkan kertas bagi Dunia. Adalah Tsai Lun yang menemukan kertas dari bahan bambu yang mudah didapat di seantero China pada tahun 101 Masehi. Penemuan ini akhirnya menyebar ke Jepang dan Korea seiring menyebarnya bangsa-bangsa China ke timur dan berkembangnya peradaban di kawasan itu meskipun pada awalnya cara pembuatan kertas merupakan hal yang sangat rahasia.
Pada akhirnya, teknik pembuatan kertas tersebut jatuh ketangan orang-orang Arab pada masa Abbasiyah terutama setelah kalahnya pasukan Dinasti Tang dalam Pertempuran Sungai Talas pada tahun 751 Masehi dimana para tawanan-tawanan perang mengajarkan cara pembuatan kertas kepada orang-orang Arab sehingga dizaman Abbasiyah, muncullah pusat-pusat industri kertas baik di Baghdad maupun Samarkand dan kota-kota industri lainnya, kemudian menyebar ke Italia dan India lalu Eropa khususnya setelah Perang Salib dan jatuhnya Grenada dari bangsa Moor ke tangan orang-orang Spanyol serta ke seluruh dunia.

Ts’ai Lun 101 M

Penemu bahan kertas Ts’ai Lun besar kemungkinan sebuah nama yang asing kedengaran di kuping pembaca. Menimbang betapa penting penemuannya, amatlah mengherankan orang-orang Barat meremehkannya begitu saja. Tidak sedikit ensiklopedia besar tak mencantumkan namanya barang sepatah pun. Ini sungguh keterlaluan. Ditilik dari sudut arti penting kegunaan kertas amat langkanya Ts’ai Lun disebut-sebut bisa menimbulkan sangkaan jangan-jangan Ts’ai Lun sebuah figur tak menentu dan tidak bisa dipercaya ada atau tidaknya. Tetapi, penyelidikan seksama membuktikan dengan mutlak jelas bahwa Ts’ai Lun itu benar-benar ada dan bukan sejenis jin dalam dongeng.
Dia seorang pegawai negeri pada pengadilan kerajaan yang di tahun 105 M mempersembahkan contoh kertas kepada Kaisar Ho Ti. Catatan Cina tentang penemuan Ts’ai Lun ini (terdapat dalam penulisan sejarah resmi dinasti Han) sepenuhnya terus terang dan dapat dipercaya, tanpa sedikit pun ada bau-bau magi atau dongeng. Orang-orang Cina senantiasa menghubungkan nama Ts’ai Lun dengan penemu kertas dan namanya tersohor di seluruh Cina.
Tak banyak yang dapat diketahui perihal kehidupan Ts’ai Lun, kecuali ada menyebut dia itu orang kebirian. Tercatat pula kaisar teramat girang dengan penemuan Ts’ai Lun, dan ia membuatnya naik pangkat, dapat gelar kebangsawanan dan dengan sendirinya jadi cukong. Tetapi, belakangan dia terlibat dalam komplotan anti istana yang menyeret ke kejatuhannya. Catatan-catatan Cina menyebut –sesudah dia disepak– Ts’ai Lun mandi bersih-bersih, mengenakan gaunnya yang terindah, lantas meneguk racun.

Penggunaan kertas meluas di seluruh Cina pada abad ke-2, dan dalam beberapa abad saja Cina sudah sanggup mengekspor kertas ke negara-negara Asia. Lama sekali Cina merahasiakan cara pembikinan kertas ini. Di tahun 751, apa lacur, beberapa tenaga ahli pembikin kertas tertawan oleh orang-orang Arab sehingga dalam tempo singkat kertas sudah diprodusir di Bagdad dan Sarmarkand. Teknik pembikinan kertas menyebar ke seluruh dunia Arab dan baru di abad ke-12 orang-orang Eropa belajar teknik ini. Sesudah itulah pemakaian kertas mulai berkembang luas dan sesudah Gutenberg menemukan mesin cetak modern, kertas menggantikan kedudukan kulit kambing sebagai sarana tulis-menulis di Barat.
Kini penggunaan kertas begitu umumnya sehingga tak seorang pun sanggup membayangkan bagaimana bentuk dunia tanpa kertas.
Di Cina sebelum penemuan Ts’ai Lun umumnya buku dibuat dari bambu. Keruan saja buku macam itu terlampau berat dan kikuk. Memang ada juga buku yang dibuat dari sutera tetapi harganya amat mahal buat umum. Sedangkan di Barat –sebelum ada kertas– buku ditulis di atas kulit kambing atau lembu. Material ini sebagai pengganti papyrus yang digemari oleh orang-orang Yunani, Romawi dan Mesir. Baik kulit maupun papyrus bukan saja termasuk barang langka tetapi juga harga sulit terjangkau.

1. Memotong bambu dari rumpunnya

2. Merendam bambu dalam air

3. Memotong bambu kecil-kecil

4. Melumat potongan bambu

5. Menyaring bubur bambu

6. Pencampuran dengan kapur

7. Pembentukan pulp-kertas

8. Pengeringan

9. Penghalusan

10. Pewarnaan lembaran kertas

11. Penjilidan

PEMBUATAN KERTAS

Di tahun 1799, seorang Prancis bernama Nicholas Louis Robert menemukan proses untuk membuat lembaran-lembaran kertas dalam satu wire screen yang bergerak, dengan melalui perbaikan-perbaikan alat ini kini dikenal sebagai mesin Fourdrinier. Penemuan mesin silinder oleh John Dickinson di tahun 1809 telah menyebabkan meningkatnya penggunaan mesin Fourdrinier dalam pembuatan kertas-kertas tipis. Tahun 1826, steam cylinder untuk pertama kalinya digunakan dalam pengeringan dan pada tahun 1927 Amerika Serikat mulai menggunakan mesin Fourdrinier.

Peningkatan produksi oleh mesin Fourdrinier dan mesin silinder telah menyebabkan meningkatnya kebutuhan bahan baku kain bekas yang makin lama makin berkurang. Tahun 1814, Friedrich Gottlob Keller menemukan proses mekanik pembuatan pulp dari kayu, tapi kualitas kertas yang dihasilkan masih rendah. Sekitar tahun 1853-1854, Charles Watt dan Hugh Burgess mengembangkan pembuatan kertas dengan menggunakan proses soda. Tahun 1857, seorang kimiawan dari Amerika bernama Benjamin Chew Tilghman mendapatkan British Patent untuk proses sulfit. Pulp yang dihasilkan dari proses sulfit ini bagus dan siap diputihkan. Proses kraft dihasilkan dari eksperimen dasar oleh Carl Dahl pada tahun 1884 di Danzig. Proses ini biasa disebut proses sulfat, karena Na2SO4 digunakan sebagai make-up kimia untuk sisa larutan pemasak.

MENDAUR ULANG KERTAS

Daur ulang adalah proses tuk menjadikan suatu bahan bekas menjadi bahan baru dengan tujuan mencegah adanya sampah yang sebenarnya dapat menjadi sesuatu yang berguna, mengurangi penggunaan bahan baku yang baru, mengurangi penggunaan energi, mengurangi polusi, kerusakan lahan, dan emisi gas rumah kaca jika dibandingkan dengan proses pembuatan barang baru. Daur ulang adalah salah satu strategi pengelolaan sampah padat yang terdiri atas kegiatan pemilahan, pengumpulan, pemrosesan, pendistribusian dan pembuatan produk / material bekas pakai, dan komponen utama dalam manajemen sampah modern dan bagian ketiga adalam proses hierarki sampah 3R (Reuse, Reduce, and Recycle).
Material yang bisa didaur ulang terdiri dari sampah kaca, plastik, kertas, logam, tekstil, dan barang elektronik. Meskipun mirip, proses pembuatan kompos yang umumnya menggunakan sampah biomassa yang bisa didegradasi oleh alam, tidak dikategorikan sebagai proses daur ulang. Daur ulang lebih difokuskan kepada sampah yang tidak bisa didegradasi oleh alam secara alami demi pengurangan kerusakan lahan. Secara garis besar, daur ulang adalah proses pengumpulan sampah, penyortiran, pembersihan, dan pemrosesan material baru untuk proses produksi.

Material-material yang dapat didaur ulang dan prosesnya diantaranya adalah:

1) Bahan bangunan; 2) Baterai; 3)  barang elektronik, 4)  Logam; 5)   Bahan Lainnya seperti kaca, kertas, plastic dll.

Pada kesempatan ini, saya mengajak anda belajar mendaur-ulang kertas. Kertas  dapat didaur ulang dengan mencampurkan kertas bekas yang telah dijadikan pulp dengan material kertas baru. Namun kertas akan selalu mengalami penurunan kualitas jika terus didaur ulang. Hal ini menjadikan kertas harus didaur ulang dengan mencampurkannya dengan material baru, atau mendaur ulangnya menjadi bahan yang berkualitas lebih rendah.
Di dalam membuat kertas daur ulang, bahan-bahan yang bisa di gunakan ada dua jenis yaitu dari limbah kertas dan tanaman hasil pertanian atau tanaman-tanaman non produktif. yang dapat di olah atau didaur ulang menjadi kertas dengan hasil yang berbeda. Di dalam proses pembuatan kertas daur ulang dari limbah koran maupun limbah kertas lainnya, pertama-tama yang harus dilakukan adalah kertas limbah tadi di potong kecil-kecil kemudian direndam di dalam air kurang lebih satu hari, baru kemudian setelah lunak kemudian di blender sampai menjadi bubur kertas. Setelah semua menjadi bubur, proses selanjutnya adalah di cetak dengan menggunakan alat cetak dari kawat kasa yang telah terpasang pada sebuah spanram dengan ukuran kurang lebih 21,5 cm x 33 cm.
Batang pisang juga dapat di olah menjadi kertas, yaitu setelah mengalami proses pengeringan dan pengolahan lebih lanjut. proses pembuatan kertas dari bahan batang pisang pertama-tama yang harus dilakukan adalah, batang pisang tadi dipotong kecil-kecil dengan ukuran berkisar 25 cm, lalu di jemur di bawah terik matahari hingga kering. Setelah batang pisang tadi kering proses berikutnya adalah dengan cara direbus sampai menjadi lunak, namun pada saat proses perebusan sebaiknya di tambah dengan formalin atau kostik soda maksudnya adalah di samping untuk mempercepat proses pelunaan juga untuk menghilangkan getah-getah yang masih menempel pada batang pisang tadi, pada proses berikutnya batang pisang yang sudah lunak tadi disaring dan dibersihkan dari zat-zat kimia tadi baru kemudian di buat bubur ( pulp) dengan cara di blender. Baru kemudian dicetak menjadi lembaran-lembaran kertas.
Alang-alang merupakan jenis rumput-rumputan dan sebagai tanaman non produktif,sebagian orang tanaman ini di anggap salah satu tanaman pengganggu. Tapi bagi orang yang memiliki kreativitas tinggi alang-alang justru merupakan tanaman yang dapat mengasilkan pendapatan, yaitu sebagai bahan dasar dalam pembuatan kertas,tentu saja setelah mengalami proses lebih lanjut.

Di dalam membuat kertas daur ulang, bahan-bahan yang bisa di gunakan ada dua jenis yaitu dari limbah kertas dan tanaman hasil pertanian atau tanaman-tanaman non produktif.
Daur ulang kertas adalah salah saru upaya pemanfaatan kembali sampah kertas untuk mengurangi timbunan sampah.

Daur Ulang Kertas

Tempat Kerja: tempat pembuatan, tempat pencetakan kertas, tempat penjemuran, tempat penyimpanan bahan baku, dan tempat penyimpanan produk.

Alat dan Bahan

  1. sampah kertas, air, rumput, pelepah pisang, lem kayu/lem sagu, dan pewarna.
  2. blender
  3. baskom  atau bak rendam (ukuran 60×70 cm)
  4. spon
  5. meja
  6. kain
  7. screen (ukuran 25×25 cm atau 35×45 cm.
  8. papan dan alat pemberat

Cara Membuat

  1. Robek kecil-keil kertas bekas dan rendam didalam air selama 1 hari
  2. Blender kertas sampai menjadi bubur ( halus)
  3. Tuangkan kedalam Baskom yang berisi air dan diaduk
  4. Letakan Spons di atas meja, lalu taruh kain yang sudah dibasahi diatasnya
  5. Saring campuran (jangan terlalu tebal) di baskom memakai screen sablon
  6. Letakan diatas spons yang sudah dilapisi kain dengan posisi terbalik, gosok sedikit screennya dan angkat dengan hati-hati
  7. Tutup dengan kain yang sudah dibasahi. tambah satu lapis lagi kain basah, ulangi langkah 5 dan 6
  8. Sesudah beberapa lapis press dengan menaruh papan besar diatasnya dan beri pemberat (Batako atau Batu)
  9. biarkan selama sekitar1 jam agar airnya berkurang. sebelum diangkat pastikan sudah cukup kering. angkat sepasang demi sepasang dan jemur ditempat yang panas. lalu setrika sepasang demi sepasang kemudian buka kainnya pelan-pelan.

Jika anda ingin membuat atau corak khusus, cobalah beberapa proses di bawah ini.

  1. Proses tempelan. Sebelum anda menutup campuran bubur kertas dengan kain yang sudah dibasah, tempelkan bunga, rumput atau daun-daun kecil diatasnya.
  2. Proses Campuran. Ketika memblender kertas, tambahkan bunga, rumput atau bahan alami lainnya yang akan memberikan warna dan pola khusus.
  3. Proses Press. Ketika sedang mengepress kertasnya, taruhlah daun atau sesuatu yang bermotif bagus. taruhlah papan diatasnya dan beri pemberat.

Contoh barang yang bisa dibuat dengan kertas Daur Ulang.

  • Kertas untuk menggambar karya seni
  • Pembungkus buku, tempat pensil, dan lain-lain
  • Undangan, amplop, map, dll . kertas daur ulang juga bagus sekali untuk ditempel diatas karya-karya yang bisa anda bikin dari karton.
  • kotak pensil + bingkai photo
  • kotak kado, kartu lebaran dan ulang tahun.
  • Frame pas photo dan aneka kerajinan lain.

dan jika anda ingin memberi warna pada kertas daur ulang memakai bahan alami untuk mewarnai kertas daur ulang tersebut anda bisa memakai beberapa bahan yang bisa dipakai untuk memberi warna tersebut. diantaranya :Kunyit, Daun Jati, Daun pandan Wangi, Gambir, Pacar Cina, Nila.

Kunyit : Kalau kita parut dan disaring akan menghasikan warna kuning.

Daun Jati : Kalau diparut dan disaring akan menhasilkan warna merah

Daun Pandan Wangi : Kalau kita parut dan disaring akan menghasikan warna hijau

Gambir : Kalau kita parut dan disaring akan menghasikan warna hitam

Pacar Cina : Kalau kita parut dan disaring akan menghasikan warna merah muda

Nila : Kalau kita parut dan disaring akan menghasikan warna biru

kalau mau coba anda membuat kertas dengan warna baru : Saat kertas bekas yang kecil-kecil mau direndam di air selama 1 hari, isilah airnya (sesudah disiram) dengan macam-macam bahan yang bisa memberikan warna yang bagus.

Cara Lain Daur Ulang Kertas

1. Robek-robek kertas dalam ukuran kecil. Rendam dalam seember air selama semalaman.

2. Ambil sekitar 1,5 gelas kertas renclaman, masukkan ke dalam blender. Tambahkan 2 gelas air dan hancurkan sampai merata.

3. Tuang larutan halus tadi ke dalam baskom lebar. Saring menggunakan saringan kasa berbingkai,
sehingga selapis tipis kertas berada di permukaannya.

4. Tempelkan lapisan kertas yang baru ini ke permukaan  keras yang rata, misalnya papan kayu. Lepaskan dari saringan kasa.

5. Serap permukaan kertas yang baru dengan kain untuk mengtilangkan kelebihan air. Jemur hingga betulbetul kering di terik matahari,

6. Saat kertas baru sudah kering, lepaskan perlahann dari permukaan papan. Agar kertas memiliki motif yang cantik, tambahkan daun-daunan atau bahan lain pada saat penyaringan. Dengan begitu, bahan tambahan in akan ikut menyatu bersama bahan kertasnya.

Keuntungan Daur Ulang Kertas

1)      Satu upaya pemanfaatan kembali sampah kertas untuk mengurangi timbulan sampah.

2)      Menimbulkan kreatifitas dalam memanfaatkan  kertas bekas.

3)      Sumber tamabahan penghasilan masyarakat.

SUMBER : http://eblog16.blogspot.com/2008/04/asal-mula-kertas.html

http://id.wikipedia.org/wiki/Kertas

http://susilo.adi.setyawan.student.fkip.uns.ac.id/2009/07/14/daur-ulang-kertas/