Wulanibni91's Blog

Just another WordPress.com weblog

Manusia dan Cinta Kasih April 18, 2010

Filed under: IBD — wulanibni91 @ 5:25 am
  • Pengertian cinta kasih

Menurut kamus umum bahasa Indonesia karya W.J.S. Poerwadarminta, cinta adalah rasa sangat suka (kepada) atau (rasa) saying (kepada), ataupun (rasa) sangat kasih / sangat tertark hatinya. Sedangkan kata kasih artinya perasaan saying / cinta kepada / menaruh belas kasihan. Dengan demikian arti cinta dan kasih hamper bersamaan, sehingga rasa kasih memperkuat rasa cinta. Karena itu cinta kasih dapat diartikan sebagai perasaan suka (saying) kepadanseorang yang disertai dengan menaruh belas kasihan.

Walau memiliki banyak kesaan dan saling menguatkan, namun masih terdapat perbedaan. Yaitu cinta lebih memiliki arti yang mendalam rasanya, sedangkan kasih lebih keluarnya. Sehingga dapat disimpulkan  berawal dari cinta  yang mendalam maka rasa kasih akan terwujud.

  • Pengertian kasih sayang

Menurut kamus umum bahasa Indonesia karya W.J.S. Poerwadarminta, pengertian kasih saying adalah perasaan saying, perasaaan cinta atau perasaan suka kepada seorang. Kasih saying merupakan pertumbuhan dari cinta. Dalam kasih saying sadar atau tidak sadar ari masing – masing pihak dituntut tanggung jawab, pengorbanan, kejujuran, saling percaya, saling pengertian, saling terbuka sehingga keduanya menjadi satu kesatuan yang utuh.

  • Pengertian kemesraan

Kemesraan berasal dari kata daar mesra, yang artinya perasaan simpati yang akrab. Kemesraan ialah hubungan yang akrab baik antara pria dan wanita yang sedang di mabuk asmara maupun yang sudah berumah tangga. Pada dasarnya kemesraan merupakan perwujudan dari kasih saying yang mendalam.

  • Pemujaan

Pemujaan adalah salah satu menifestasi cinta manusia kepada Tuhannya yang diwujudkan dalam bentuk komunikasi ritual. Kecintaan manusia kepada Tuhan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Hal ini ialah karena pemujaan kepada Tuhan adalah inti, nilai dan makna kehidupan yang sebenarnya. Apa sebab itu terjadi adalah  karena Tuhan menciptakan alam semesta.

Tuhan adalah pencipta, tetapi Tuhan juga penghancur segalanya, bila manusia mengabaikan segala perintahnya. Karena itu ketakutan manusia selalu mendampingi hidupnya dan untuk menghilangkan ketakutan itu manusia selalu memuja-Nya.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s